3 Perbedaan Mitosis dan Meiosis, Kenali Yuk!

Dalam kelangsungan makhluk hidup, pembelahan sel merupakan salah satu proses yang penting. Proses pembelahan sel tersebut memiliki tujuan untuk pertumbuhan, perbaikan, serta reproduksi.

Pembelahan sel adalah proses ketika sel tersebut membelah diri menjadi dua atau lebih. Sel yang dihasilkan tersebut adalah sel anak yang memiliki otonomi sendiri.

Nah, berdasarkan ciri khasnya, pembelahan sel dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu mitosis dan meiosis. Mitosis dapat menghasilkan sel anak yang dapat membelah lagi, sementara itu meiosis tidak dapat membelah lagi hingga fertilisasi.

Secara garis besar, perbedaan mitosis dan meiosis terletak pada sel anak yang dihasilkan. Pembelahan mitosis menghasilkan sel anakan yang sama dengan sel induk, sementara meiosis menghasilkan sel anakan yang berbeda dengan induk.

Hasil dan Tahapan Pembelahan Sel

Pembelahan mitosis menghasilkan 2 sel anakan yang serupa genetis. Jumlah kromosom sel anakan tersebut adalah 2n atau dinamakan diploid. Sel diploid merupakan sel-sel yang kromosomnya berpasangan (2n).

BACA JUGA :   Mengenal Daur Hidup Ayam, Bagaimana Sih Urutannya?

Sementara itu, tahapan mitosis terdiri dari profase, metafase, anafase, telofase, serta sitokinesis.

Meiosis menghasilkan 4 sel anakan yang masing-masing sel memiliki separuh dari jumlah kromosom sel induk. Jumlah kromosom yang dimiliki oleh sel anakan adalah n atau disebut haploid. Sehingga, meiosis disebut sebagai pembelahan reduksi.

Meiosis memiliki tahapan yang lebih panjang yaitu, dibagi menjadi meiosis I dan meiosis II. Fasenya terdiri dari profase I, metafase I, anafase I, telofase I, profase II, metafase II, anafase II, dan telofase II. Tahapan pada meiosis II (profase II hingga telofase II) mirip dengan tahapan pada mitosis.

Kariokinesis dan Sitokinesis

Kariokinesis merupakan pembagian materi inti sel yang terjadi ketika pembelahan sel. Pada mitosis, kariokinesis terjadi saat interfase. Sementara itu pada meiosis terjadi saat interfase I. Adapun sitokinesis adalah pembelahan sitoplasma yang terjadi saat pembelahan sel. Pada mitosis, sitokinesis terjadi di akhir tahap telofase. Kemudian pada meiosis terjadi dua kali, yaitu di akhir telofase I dan telofase II.

BACA JUGA :   5 Hewan Ini Memanfaatkan Medan Magnet untuk Bermigrasi, Apa Saja sih?

Perbedaan Secara Fungsi

Jika dilihat dari perbedaan fungsinya, maka dapat dijelaskan bahwa:

Fungsi Mitosis

  • Menghasilkan banyak sel pada awal kehidupan makhluk hidup.
  • Mefasilitasi perkembangan dan pertimbuhan makhluk hidup.
  • Meregenerasi dan mengganti sel yang rusak.
  • Menjaga stabilitas genetik makhluk hidup.
  • Bereproduksi atau memperbanyak diri pada Prokariota

Fungsi Meiosis

  • Membentuk gamet
  • Memberikan keanekaragaman genetik makhluk hidup
  • Mempertahankan jumlah kromosom makhluk hidup pada keturunannya
BACA JUGA :   Sumber Daya Alam : Pengertian, Jenis, & Manfaatnya